Menggali Informasi Menjadi Kunci Menemukan Peluang Usaha di Era Digital

  • Bagikan

RUTENG, TIMES Nusa Tenggara Timur |“Menggali informasi dan mencari informasi menjadi salah satu kunci dalam menemukan peluang usaha. Mencari informasi dapat dilakukan dengan menemukan tren apa yang sedang berkembang di komunitas atau organisasi kita,” kata Evan Lahur saat pemaparan materi pada webinar literasi digital dengan tema “Memanfaatkan Peluang di Era Digital”, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, pada Rabu (13/10/2021).

Klik dan baca juga:  Formasi Tenaga Pekerja Sosial Terbanyak Dibutuhkan di SBD

Pada kesempatan itu, Evan Lahur menekankan pada peluang usaha di era digital.

“Contohnya tren mengenakan pakaian dengan motif lokal. Kita langsung dapat menangkap peluang usaha menyediakan jasa desain baju dengan motif adat untuk kemudian menjadi rujukan di tempat produksi baju atau misalnya seorang wanita yang suka make up bisa menjadikan pengalaman pribadinya yang suka make up sebagai peluang usaha, artinya daripada menunggu orang lain menyelesaikan masalah kita, maka lebih baik kita menjadikan pengalaman pribadi sebagai peluang usaha,” tutur pria bernama lengkap Petrus K. Advendatus Lahur itu.

Klik dan baca juga:  Mengenal Lodovikus Keraf, Balon Kades Tal, Kecamatan Satar Mese

Dikatakannya, peluang usaha itu dimulai dari orang yang tidak menyadari produk kita.

“Tidak sadar ada masalah, tidak sadar butuh produk kita, tidak sadar butuh jasa kita. Tugas kita memberi edukasi sampai dia sadar melalui promosi dan publikasi. Mulai ada awareness kemudian interest atau minat. Dari minat timbulah consideration, dari situlah terjadi pembelian,” katanya lagi.

Klik dan baca juga:  Kominfo Kembali Mengadakan Literasi Digital Bagi Kaum Muda Milenial di Manggarai  

Turut hadir sebagai narasumber, Dosen Pegiat Medsos dan Bisnis Digital Richardus Jundu, Pegiat Desa Digital Theresia Evarista Risa, Content Creator dan Youtuber Vianus Jebarus (Inji Bomaratha), dan Akademisi Ronaldus Don Piran. Webinar yang dihadiri ratusan peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum itu dipandu oleh host Silfia Angela Norche H.

  • Bagikan