Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Waikabubak Digeledah

  • Bagikan
Ka Lapas IIB Waikabubak Saat Memimpin Apel Persiapan Pengeledahan Warga Binaan di Lembaga Permasyarakatan
Ka Lapas IIB Waikabubak Saat Memimpin Apel Persiapan Pengeledahan Warga Binaan di Lembaga Permasyarakatan

Waikabubak, TIMESNTT.COM | Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Waikabubak digeledah oleh personil gabungan dan anggota Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lapas II B Waikabubak.

Dalam penggeledahan melibatkan TNI/Polri Sumba Barat. Operasi yang dilakukan dengan menyasar seluruh ruangan kamar warga binaan di Lapas Kelas IIB Waikabubak.

Kepala Lapas IIB Waikabubak, Drs. Moh  Nur mengatakan inspeksi mendadak (sidak) dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan dalam proses pemeriksaan, tim tidak main-main jika mendapati hal-hal yang berkaitan dengan kepemilikan obat terlarang.

“Lapas Kelas II Waikabubak digeledah malam ini. Sidak dilakukan untuk mengantisipasi masuknya narkotika ke lapas dan untuk memberi rasa aman bagi warga binaan,” kata Moh Nur.

Klik dan baca juga:  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Meminta Maaf Terkait Surat Telegram Yang Mengatur Tentang Pelaksanaan Peliputan Bermuatan Kekerasan

Pengeledahan itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pemasyarakatan ke 57, Lapas Kelas II B Waikabubak juga melaksanakan penggeledahan serentak terhadap warga lapas  bersama dengan Polres Sumba Barat dan Kodim 1613 Sumba Barat. Kegiatan penggeledahan dilaksanakan mulai pukul 20.00 WITA sampai pukul 22.00 WITA di Lapas Kelas II B Waikabubak.

Drs. Moh Nur Kalapas Kelas II Waikabubak saat memimpin apel persiapan pengeledahan mengucapkan terima kasih kepada Polres Sumba Barat dan Kodim 1613 Sumba Barat yang telah terlibat untuk menyukseskan kegiatan pengeledahan terhadap warga lapas untuk persiapan memperigati hari ulang tahun Lembaga permasyarakatan ke 57.

Klik dan baca juga:  Jekson Boleng Dapat Hadiah Jaket Dari Presiden Jokowi

“saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolres Sumba Barat dan Dandim 1613 Sumba Barat yang telah menugaskan prajurit untuk bersama-sama melakukan pengeledahan kepada warga lapas”imbuhnya.

Selain itu Moh Nur juga berharap agar pelaksanaan kegiatan bisa berlangsung secara aman dan tertip sehingga selama pengeledahan bisa berjalan baik agar betul-betul menertipkan warga lapas yang kedapatan memiliki barang tajaman, termasuk memiliki HP dan narkoba.

Pelaksanaan penggeledahan setelah diawali dengan Apel dan doa bersama, kemudian Kalapas selaku penanggungjawab kegiatan membagi petugas penggeledahan menjadi dua Tim Gabungan. Didampingi Kabag Perencanaan Polres Sumba Barat, Ajun Komisaris Polisi, N.K. Darmawan dan Batituud Kodim 1613, Serka Jaidun, Tim menuju blok dan kamar hunian untuk melakukan penggeledahan baik badan maupun barang. Penggeledahan dilakukan di semua kamar hunian baik Narapidana maupun Tahanan pada Lapas Kelas II B Waikabubak.

Klik dan baca juga:  BPBD SBD Himbau Masyarakat Waspada

Hasil penggeledahan ditemukan barang berupa piring berbahan seng, pisau silet, korek api gas, besi kawat, tali, sendok/garpu namun tidak ditemukan barang terlarang seperti narkotika, Hp, senjata api, senjata tajam dan uang.  Hasil penggeledahan tersebut kemudian diamankan di ruangan Kamtib.

Giat penggeledahan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS.2-PK.02.10.02-145, Tanggal 01 April 2021 Perihal Razia Serentak serta upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lembaga Pemasyarakat.

  • Bagikan